Tuesday, October 27, 2015

PENGERTIAN WIRID THORIQOH



Thoriqoh dilihat dari arti bahasa memiliki kesamaan dengan kata syari’at,yang memiliki arti dasar”jalan”. Kesamaan ini merupakan sesuatu yang wajar jika dilihat dari sumber asalnya, isi amalannya, serta tujuan akhirnya. Keduanya adalah ajaran dari Nabi dan segala sesuatu yang dating dari Nabi adalah Islam.
Thoriqoh adalah amalan yang diambil dari NAbi dengan cara tertentu dan diamalkan dengan cara tertentu pula. Thoriqoh memiliki perbedaan dengan syari’at. Cirri khusus thoriqoh yang membedakannya dengan syari’at adalah:

1.       Cara penyampaiannya  itu haru s sebagaimana Nabi menyampaikan kepada para sahabatnya, yang dikenal dengan istilah talqin. Sedang syari’at bias disampaikan dengan cara bebas asal maksud dan tujuannya tersampaikan.
2.       Orang yang menyampaikan (mursyid) harus mempunyai syarat-syarat khusus; antara lain yang sangat pentingadalah mursyid harus mempunyai rangkaian tak terpisah sampai kepada Nabi, yang dikenal dengan istilah silsilah; sedang syari’at tidak harus dengan demikian. Kedua syarat tersebut kalau dikaitkan dengan ilmu hadist disana ada istilah yang dikenal dengan hadis musalsal.
3.       Dalam menerima amalan thoriqoh, seseorang harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh karena ia harus berjanji (bai’at) men-fardukan pada dirinya sendiri; sedangkan syari’at tidak demikian.
4.       Thoriqoh adalah bagian dari amalan Islam. Kita mengenal bahwa Islam itu terdiri dari 3 unsur, yaitu Iman,Islam,dan Ihsan. Hal ini sesuai dengan adanya agama Islam sebagai petunjuk bagi anusia dalam menjalankan hidup serta kehidupannya. Manusia dalam menentukan segala sesuatu yang dihadapi dalam hidupnya juga ditentukan oleh 3 unsur, yaitu pemikiran, kehendak,serta perasaan, Iman adalah petunjuk dasar pemikiran, Islam petunjuk dasar kehendak, dan ihsan petunjuk dasar perasaan.
Disinilah posisi thoriqoh. Thoriqohadalah suatu amalan untuk memelihara ihsan. Oleh karena itu seseorang yang akan mengamalkan suatu thoriqoh terlebih dahulu harus mempelajari keimanan dan keislaman dengan baik.
               

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India