Saturday, July 21, 2012

PUASA YANG BERNILAI

untuk mendapatkan puasa yang bernilai baik di sisi Alloh diperlukan usaha-usaha yang tidak hanya sekedar menahan diri dari sesuatu yang membatalkan puasa dari sudut pandang ilmu fiqih saja. Rosululloh pernah bersabda yang artinya" banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan haus" hadis ini dapat kita fahami bahwa orang berpuasa yang hanya mampu menahan diri dari makan,minum, atau yang sejenisnya puasanya belum bernilai baik di sisi Alloh Swt. Rosululloh pernah bersabda yang artinya" ada lima hal yang bisa menghilangkan nilai ibadah puasa yaitu ghibah/menggunjing, mengadudomba, berdusta, sumpah palsu dan melihat lain jenis dengan syahwat".
dengan ini jelas puasa yang disertai dengan salah satu perbuatan tersebut akan semakin kecil nilainya disisi Alloh. apalagi jika kelima-limanya dilakukan. maka dari itu jelaslah  kalaopun seseorang dalam puasanya telah mampu menahan diri dari makan dan minum namun tidak mampu menhan diri dari lima hal tersebut maka puasanya tidak akan bernilai disisi Alloh. 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India