Wednesday, January 16, 2013

Kisah Kholifah Umar bin khottob

Pada suatu hari sohabat Hudzaifah berkunjung kepada kholifah Umar, kemudian beliao melihat kholifah sedang menangis beredih. kemudian hudzaifah bertanya " kena apa wahai Amirul mu'minin" jawab beliau " aku sangat kewatir jika aku salah lalu tidak ada satu orang pun dari kalian yang mau menegur aku karena menghormatiku (ewuh pekewuh - jawa tengah) kepada ku". hudzaifah menjawab " seandainya aku melihat kamu keluar dari kebenaran maka aku akan mengembalikanmu kepada kebenaran tersebut". lalu bahagialah umar seraya berkata " segala puji bagi Alloh yang telah menjadikan untuk akau  teman-teman yang akan meluruskan aku jika aku menyimpang dari kebenaran". kholifah tidak pernah marah/menolak pada saat beliau memutuskan suatu hukum lalu ada salah seorang sahabatnya yang menolak. pada suatu hari kholifah ingin memperluas masjid nabawi, namum di dekat masjid ada sebuah rumah milik Abbas paman rosululloh yang mestinya tergusur, namun setelah dinego dengan janji bahwa abbas akan diberi tempat yang lebih luas oleh ummar dengan syarat menyerahkan tanahnya untuk perluasan masjid tersebut namun tidak diterima tawaran tersebut. Akhirnya beliau berdua datang kepada khudzaefah untuk minta keadilan. alhasil selesailah perkara tersebut dengan damai.
Masih adakah pemimpin sekarang yang legowo jika diperngatkan untuk kembali kepada kebenaran????

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India