Tuesday, October 16, 2012

10 MAQOM MENUJU ALLOH


10 maqam yang termasuk kedalam taat yang batin untuk menju Allah yaitu:
a. Taubat
b. Khauf (takut Kepada Allah)
c. Zuhud
d. Sabar
e.Syukur
f. Ikhlas dan benar
g. Tawakal
h. Cinta
i. Ridha
j. Mengingat mati
 Taubat adalah anak kunci kemenangan seorang murid.Taubat wajib atas orang-orang yang melakukan ma'siat. Alloh sangat suka terhadap orang-orang yang berbuat taubat. Syarat-sarat taubat ada 4 yaitu: meninggalkan ma'siat,menyesal, atas perbuatannya, suka untuk tidak kembali kepada ma'siat,mengembalikan hak orang yang dizdolimi (apabila berhubungan dengan hak manusia).
           Khauf. Orang yang takut kepada Alloh akan mendapat 4 keutamaan yaitu: petunjuk,rahmat,ilmu dn keridloan Alloh.
         Zuhud yaitu suatu martabat yang tinggi yang dapat mendekatkan diri seseorang kepada Alloh. Zuhud berarti menjauhkan diri dari dunia dan gemar kepada akherat. ada 3 tingkatan zuhud:

a.                    mereka yang meninggalkan dunia pada hal hatinnya masih cenderung kepada dunia.
b.                   Benci  hatinya kepada dunia karena mengetahui bahwa tidak dapat terhimpun cinta dunia dan akherat dalam hatinya skaligus.
c.                    Tiada cenderung hatinya kepada dunia dan tidak pula benci kepadanya. Ada atau tidaknya sama saja. Tidak berpaling hatinya kepada suatu apapun kecuali Allooh. Ini adalah zuhudnya orang-orang ‘arifin.
Sabar yaitu menahan diri dari pada sesuatu yang tidak diinginkannya dan menahan lidah dari mengatakan kepada yang lain kecuali Alloh. Sabar dalam berbuat taat dan sabar dalam meninggalkan ma’siat adalah fardu ‘ain atas tiap-tiap mukallaf, juga sabar atas bala dan segala kesakitan. Sabar atas perbuatan yang sunnah dan meninggalkan yang makruh dan yang mubah. Sabar meninggalkan dunia  yang lebih dari kebutuhan hidup hukumnya sunnah. Ada 3 jenis sabar yaitu:
1.         Sabarnya orang awam yaitu sabar atas kesusahan
2.     Sabarnya muridin yaitu merasa ringan didalam hati atas kesulitan yang dihadapi, tidak mempertimbangkan pahala dan takut disiksa melainkan semata-mata menerima segalanya dari Alloh.
3.     Sabarnya zahidin atau solihin yaitu sabar atas segala hukum Alloh. Semuanya sudah ditentukan oleh Alooh dilauhil mahfudz,hati mereka ridlo terhadap apapun yang dialami.
Syukur adlah suatu martabat yang lebih tinggi dri sabar. Hakikat sukur menghasilkan 3 perkara yaitu ilmu, orang yang bersukur tahu bahwa segala ni’mat dari Alloh, selebihnya hanyalah sebab. Kedua sifat menerima dan menjunjung Dia pemberi ni’Mt sementara ia meraa kecil dan rendah. Ketiga amal, orang yang bersukur akan mempergunakan ni’mat Alloh untuk amal yang disuakai Alloh.
     Ikhlas dan benar (al-shidq) ikhlas sebagai syarat amal diterima Alloh, oleh karena martabat ikhlas sangat tinggi. Ikhlas berarti mensucikan sesuatu dari bercampur dengan sesuatu yang lain. Ibrahim bin adham berkata: ikhlas yaitu niat yang benar karena Alloh.ada 6 pengertian kata ashidq yaitu benar pada perkataan, benar pada niat, benar pada azam, benar pada janji, benar pada perbuatan, benar pada maqom amal batin.
     Tawakkal berarti berpegang teguh hanya kepada Alloh,percaya kepadanya ,tidah berubah-ubah hati. Contoh seperti kepercayaan anak kecil kepada ibunya, lebih tinggi lagi seperti pasrahnya mayit dihadapan orang yang memandikannya,lebih tinggi lagi yaitu seseorang menyerahkan diri sepenuhnya kepada Alloh tanpa meminta apapun kepadaNya karena ia merasa malu untuk meminta karena sudah ridlo terhadap apa yang datang dari Alloh.
     Mahabbah yaitu martabat yang akan mengantarkan orang kepada ma’rifatulloh. Cinta kepada Alloh melebihi cinta kepada makhluknya. Cinta kepada Alloh terbagi dua yaitu fardlu dan sunnah. Fardu berarti cinta yang mendorong seseorang untuk melakukan ibadah fardu sedang sunnah berati cinta yang mendorong untuk melakukan ibadah sunnah dan menjauhkan dari yang subhat.
     Ridlo dengan qodlo Alloh. Hal ini adalah fardu bagi setiap mukallaf. Seseorang haruslah ridlo dengan apa yang diputuskan oleh Alloh baik keharusan berbuat taat ataupun menjauhi maksiat.
     Mengingat mati adlah termasuk sifat yang terpuji dan  dituntut oleh syara’. Sabda Nabi saw. Aku tinggalkanuntuk mu dua pengajaran, yaitu yang diam dan yang berbicara, yang diam adalah mati dan yang berbicara adalah Al-quran. Ingat mati setidaknya ada 2 faidah yaitu lari dari suka kepada dunia dan mencintai akherat. (trim.munir)

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India